305 Peserta SKB CPNS Tanbu Mulai Jalani Tes Akhir

788

fokusbatulicin.net – Mengawali dibukanya tes SKB Tahun iniditandai dengan dilepasnya segel ruangan tempat pelaksanaan tes oleh Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor, Kamis (10/09/2020) di ruang CAT BKD setempat, Kelurahan Gunung Tinggi.

Peserta Tes CPNS 2019 Kabupaten Tanah Bumbu menjalani Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) sebagai tahap akhir dari tes Seleksi Kemapuan Dasar (SKD) yang sudah dilaksanakan bulan Februari 2020 lalu.

Ditempat itu, Bupati berpesan kepada para peserta yang mengikuti sesi tes agar seluruh peserta senantiasa meluruskan niat dalam mengikuti tes, dengan niat utama ibadah. “Sedangkan bagi beragama beragama lain agar menyesuaikan sesuai tuntunan agamanya. Saya pun berharap tetap dalam keadaan tenang selama menjalani tes,” kata Bupati.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Dahliansyah melalui Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi,
M. Untung RLU mengatakan pelaksanaan SKB akan berjalan selama dua hari mulai 10 hingga 11 September 2020 dengan jumlah peserta sebanyak 306.

Baca Juga  Said Ismail Al Aydrus, Resmi Jabat Wakil Ket DPRD Tanbu

“Dari jumlah ini, 305 peserta memilih lokasi ujian di Kabupaten Tanah Bumbu sedangkan 1 peserta memilih lokasi ujian melalui Kantor Regional BKN Makassar,” sebutnya.

Dia sampaikan, tes SKB ini adalah tahapan terakhir, namun setelah dinyatakan lulus diantaranya, maka akan melangkah pada proses penetapan NIP oleh BKN RI.

“Biasanya bulan April setelah tahun ini sudah dikeluarkan BKN, dan mudah mudahan pasca pelaksanaan tahapan Tes SKB ini memang berjalan sesuai harapan,” tandasnya.

Atas nama BKD dan Panitia Untung berharap kepada peserta agar tetap tenang dan percaya diri, namun yang harus diwaspadai adalah perbuatan oknum yang tak bertanggung jawab dengan menjanjikan sebuah kelulusan. Sementara hasil kelulusan justru peserta sendiri yang menentukannya.

Baca Juga  Bappedalitbang Tanbu Dorong inovasi pasar potensi tenaga kerja

Lanjutnya, terkait dengan sistem CAT ini telah ada perbedaan yang signifikan dibanding tahun sebelumnya. Dimana pelaksanaan kemarin hasilnya menggunakan server yang dibawa ke BKD untuk dikirim ke pusat, namun sekarang berubah menjadi murni secara online.

“Para peserta selain menjawab, dia bisa langsung live webcam yang bisa dilihat panitia seleksi nasional. Sedangkan Live scoringnya tidak lagi disaksikan layar yang disiapkan BKD namun bisa langsung buka di Youtube BKD atau Youtube Kanreg BKN,” tutupnya.

Diketahui, tes SKB dilaksanakan sesuai anjuran Protokol Kesehatan Covid-19, disamping itu para peserta diwajibkan datang 2 jam sebelum pelaksanaan tes dimulai. (TFB)