25 Pelaku IKM dan UMKM Terima Sertifikat Halal

256

Sebanyak 25 pelaku usaha terdiri dari Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menerima sertifikat produk halal, Program Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Sertifikat halal diserahkan secara simbolis oleh Bupati Abah HM Zairullah Azhar diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) H Ambo Sakka kepada pelaku IKM dan UMKM, Senin (10/10/2022) lalu di Kantor Bupati di Batulicin.

Baca Juga  Untuk Pawai Tanglong Dibumi Bersujud Pemkab Tanbu Siapkan hadiah Total Rp 198 Juta

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Tanbu H Deny Hariyanto mengatakan pemerintah daerah melalui DKUMP2 memfasilitasi pelaku IKM dan UMKM untuk mendapatkan sertifikat produk halal tersebut.

“Dengan sertifikasi halal maka pelaku usaha tidak hanya memenuhi persyaratan kehalalan dan higienitas, tetapi juga dapat meningkatkan image positif tentang penjaminan produk halal,” ujar Deny.

Baca Juga  Tanbu Potensi Alami Banjir Pesisir Pantai

Sementara itu, Kepala Bidang Perindustrian Nur Rochmah menambahkan fasilitasi sertifikasi halal merupakan salah satu kegiatan dalam upaya mendukung Tanah Bumbu menuju serambi madinah yang menjadi program Bupati dan Wakil Bupati, selain itu produk halal juga merupakan syariat dalam Islam.

Dengan fasilitasi halal diharapkan produk IKM dan UMKM di Bumi Bersujud dapat lebih luas dalam pemasarannya sampai ke toko-toko modern. (Rel)