144 Kades Beserta Perangkat Desa Digelar Serentak

478

fokusbatulicin.net  – Bupati Tanah Bumbu, H. Sudian Noor melantik dan mengukuhkan 144 Kepala Desa (Kades) beserta perangkat desanya se-Kabupaten Tanah Bumbu secara serentak, di Halaman Kantor Bupati Tanah Bumbu, Rabu, (29/1/2020).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tanah Bumbu, Nahrul Fajeri mengatakan, pelantikan dan pengukuhan secara serentak se-Kabupaten Tanah Bumbu tersebut didasarkan pada amanat yang tertuang pada Permendagri Nomor 84 Tahun 2015, dan Perbup Nomor 65 Tahun 2018, tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa.

Didalam regulasi peraturan itu lanjut Nahrul, disebutkan klasifikasi desa di Tanah Bumbu adalah desa swakarya dan desa swasembada dimana perangkat desa harus didukung oleh 3 Kaur dan 3 Kasi.

Baca Juga  Daftar Alasan Syarat Rafid Test Untuk Perjalanan, Diadukan ke MA

Diharapkannya, melalui pelantikan dan pengukuhan seluruh Kades dan aparat desa dapat mengawali penggunaan anggaran baru yang mengacu pada tatanan pemerintah desa yang baik dengan berorientasi kepada pelayanan prima bagi masyarakat.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu, H. Sudian Noor dalam sambutannya mengatakan, pelantikan dan pengukuhan kades dan perangkat desa merupakan bagian dari proses dinamisasi pada tata kelola pemerintah desa.

Untuk itu ditekankan Bupati, hendaknya seluruh kepala desa yang dikukuhkan dan perangkat desa yang dilantik, untuk segera melaksanakan tugas pokok dan fungsi dengan sebaik-baiknya, serta menjunjung tinggi disiplin dan profesionalisme dalam menyusun setiap perencanaan serta program kerja pemerintah desa.

Baca Juga  31 Pemuda Tani Terima Hibah Kompetitif

Diakhir sambutan, Bupati berpesan, agar setiap kepala desa mampu memberikan pelayanan dengan respon yang cepat, serta dapat menghindari melakukan tugas jika hanya berdasarkan keinginan, dan sekelompok golongan.

“Bekerjalah dengan berorientasi pada kebutuhan, sehingga outputnya jelas, semata-mata untuk kesejahteraan dan kemaslahatan masyarakat luas”. ujar H Dian (TFB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here