11 November, Pendaftaran CPNS

560
fokusbatulicin.net – Pendaftaran bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada awal pekan depan, akan mulai dilaksanakan. tepatnya pada Tanggal 11 November 2019, hal ini seperti diungkapkan Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tanah Bumbu.
“Pelaksanaannya itu (pendaftaran) akan dilaksanakan pada 11 Nopember, mulai melaksanakan proses tahapan seleksi. Dari sekarang calon pelamar sebaiknya mulai mempersiapkan diri serta persyaratan untuk bisa menjadi peserta seleksi CPNS 2019. ” kata M Untung RLU, Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi BKD Tanah Bumbu. saat ditemui diruang kerjanya.
Pendaftaran akan dimulai seperti diatur di dalam surat Menpan RB. Tidak kecuali jumlah formasi untuk Kabupaten/Kota, formasi Tanah Bumbu sebanyak 145 formasi. Hanya saja mengenai pengumuman resminya terkait penempatan dan teknis lainnya masih menunggu Permenpan tentang pelaksanaan CPNS.
“Nanti (Permenpan) akan dikeluarkan. Informasinya sudah ditanda tangani Menteri. Bila Permenpan sudah dikeluarkan, baru kami umumkan melalui Wibsite,” terang Untung.
Menyinggung soal persyaratan, lanjut dia, persyaratan tidak jauh beda pelaksanaan selelsi CPNS pada tahun lalu. “Hampir sama. Pertama foto, kemudian bersua foto dengan KTP. KTP elektronik, dan ijazah terakhir, namun perlu diperhatikan para calon pendaftar, yaitu NIK (Nomor Induk Kependudukan) dipastikan harus terintegrasi secara Nasional ” jelasnya.
Menjadi permasalahan se-Indonesia, ada yang terdaftar di kabupaten. Akan tetapi tidak terintegrasi di Nasional. Sedangkan sistem SSCN terintegrasi Nasional.
“Ada memiliki NIK pada saat diklik tidak terdaftar. Tapi setelah dicek di sini (kabupaten) ada. Jadi seyogyanya arahan dari Menpan, NIK diminta dicek ke Dipencapil segera mengintegrasikan,” ucap Untung.
Mengenai persiapan saat pelaksanaan seleksi CPNS. Dipastikannya BKD siap dengan sarana prasarana termasuk gedung sudah selesai pada bulan Desember.
“Untuk seleksi administrasi bisa di luar area BKD. Karena tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) diperkirakan bulan Februari sampai April akan dilaksanakan di CAT (Computer Assisted Test) sini. Termasuk SKB (Seleksi Kompetensi Bidang),” ujarnya.
Terpisah, disinggung tidak jarang terjadi adanya oknum tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi mengatasnamakan BKD dengan modus bisa meluluskan.
Untung menegaskan, apabila ada peserta mendapati dipastikannya hal itu sangat tidak benar. “Kami nantinya juga akan membuat semacam surat edaran untuk tidak mempercayai informasi – informasi itu. Karena informasi resmi akan kami umumkan melalui website kami. Selain menginformasikan ke rekan – rekan wartawan melalui medianya masing-masing,” tandas Untung. (TFB)